SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

30 Oktober 2012

contoh soal : Elastisitas permintaan


Contoh Soal : Elastisitas Permintaan
Fakultas Hukum Universitas Surakarta

1.      Pada saat  harga suatu barang Rp.8,- jumlah barang yang diminta 5, dan ketika harga suatu barang turun menjadi Rp.5,- jumlah barang yang diminta naik menjadi 10. Maka berapa besarnya koefisien elastisitas permintaan atas barang tersebut dan jelaskan dengan gambar !
P         Qd
8          5
5         10
Jawaban :


Perlu diingat  :
Tanda minus didepan angka koefisien elastisitas permintaan harus diabaikan (Nilai Ed absolute) sehubungan dengan nilai matematisnya, tanda minus hanya memberikan petunjuk bahwa kurve permintaan itu berslope negative. Jadi bila Ed = -2,67 maka = +2,67 dan tentu saja lebih besar dari 
1 (Ed > 1)


2.      Diketahui data mengenai tingkat harga dan jumlah barang yang diminta di pasar slipi untuk produk X pada hari senin adalah sebagai berikut :
Pada tingkat harga Rp.5 jumlah yang diminta 20 unit, kenaikan harga menjadi Rp.8 menyebabkan jumlah yang diminta turun menjadi 12 unit. Pada waktu harga turun kembali menjadi Rp. 6 rupiah jumlah yang diminta naik menjadi 15. Hitungah derajad elastisitas permintaan pasarnya.




Ingat !!
Untuk elastisitas permintaan tanda negatif tidak usah dihiraukan
Maka besarnya tingkat elastisitas permintaan pasar sebesar !


Dapat disimpulkan bahwa derajat elastisitas permintaan Pasar Slipi secara umum untuk produk X pada hari senin tersebut bersifat inelastis, yaitu bila harga dinaikkan 1 %, maka permintaan relatif akan turun sebanyak 0,9 %. Sebaliknya bila misalkan harga diturunkan sebesar 10 % maka permintaan akan naik sebesar 10 % x 0,9 = 9 %.













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar